... vanillaskystories ...

Aku butuh tempat melampiaskan emosi, tempat merenung, menuliskan yang aku fikirkan, dan bercerita dalam kesunyian..dan aku punya vanillaskystories.. ^^

Kemaren aku dikasi sebungkus kacang mede mentah sama Bang iwan. Agak kaget juga tiba-tiba dia ngasi kacang mede. tapi senaaaang juga..akhirnya kesampean makan kacang mede... hihihihihi..

Tapi..aku gak tau cara gorengnya boook..takut kalo salah goreng kan sayang, harga kacangnya mahal ..hehehehe.. sangking takutnya salah goreng, aku sampe searching di google.. katanya minyaknya musti panas, direndam dulu pake aer hangat tambah garam n kalo suka, tambah bawang putih..

dan aku pun nekad nyoba goreng tu kacang malam-malam sangking pengennya..Berbekal tips dari hasil googlingan tentu saja.. uda pede, padahal megang wajan aja masi bisa di itung pake jari. hwhwhwhw..
mulailha aku mengikuti panduan. Kacangnya aku rendam pake aer hangat,aku tambahin garam. trus sebelum digoreng, aku siram lagi pake aer hangat, n aku tiriskan sampe kering. Sementara itu, minyak uda aku panasin...
mulai menggoreng..
..
BELOM APA2 LANGSUNG GOSONG!!!!!!!!
huahahahahahaahahahahahahahahahah.....

Padahal kata panduannya,bisa sampe 3 menit baru warnanya jadi cokelat ke emasan. ehhh apaan, aku sampe megang stopwatch aja gitu..gak sampe 1menit warna kacangnya uda jadi cokelat2 gosonong!!! huhuhuhuhu...
untung masi bisa dimakan.. dan anehnya, papaku malah minta digorengin lagi dengan "agak gosong". hihihihi...
dan akhirnya malam itu aku makan kacang mede yang agak2 gosong.. tapi tetep enak *ngeles*

Besoknya goreng lagi..gosong lagi..
mule nyerah..gak berani goreng2 lagi..

trus gegara pnasaran,aku tweett de. nanya gimana caranya goreng kacang mede yang bener..
dan aku dapat 2 balasan dari 2 LAKI-LAKI..
Yess..LAKI-LAKI!!!!!
jatoh de harkat dan martabat sebagai wanita.. hwhwhwhwhwh.. Tapi gegara emang ga tau, kutampung juga de saran mereka..

saran dari mr.bumblebee: minyaknya musti panas, apinya kecil aja..
saran dari kokohrocha : *sama aja si intinya sama saran mr.bumblebee.. hihihi*

dan kucobalha saran mereka..
BERHASIL...YEAAAAAHHHHHHHHH.....HUOHUOOOOOOO...
kacang medenya matang sempurna, berwarna cokelat keemasan, dan rasanya mantabbbbb....

oke, inti postingan ini tentang tips menggoreng kacang mede kan ya??
ini dia..
ini berdasarkan pengalamanku lho ya... ehm...pengalaman mamak si lebih tepatnya..coz mamakku yang goreng, tapi atas petunjukku koq.. heheheheh...

1. Cuci kacang sampe bersih. pake aer dingin juga gak apa2..

2. Rendam kacang dengan air hangat (air panas juga boleh) tambahkan garam secukupnya dan kalo suka, boleh juga ditambahin bawang putih yang uda digiling
** tapi kalo pengen rasa kacang mede yang sesungguhnya dan lebih enak, mending gak usa ditambahin apa2 de. garam juga dikitttt aja.. coz kalo uda ditambahin bumbu, rasanya malah gak 'manis' lagi.. malah gak berasa kacang mede si..malah kek rasa kacang biasa aja. jadi saranku,gak usa tambahin bawang putih.itu kalo suka aja..hehehehehe..

3.Rendam kurang-lebih 15 menit, trus guyur kacang pake air panas.Kacangnya tarok disaringan santan ya bok..trus tiriskan kacang sampe bener2 kering. kalo belum kering jangan goreng.. hwhwhwhwhwh...

4. sementara itu,siapkan wajan dengan minyak agak banyak (biar kacangnya tenggelem gitu pas digoreng) , tunggu sampe minyaknya panas. apinya kecil aja!!! itu yang paling penting.

5. Setelah kacang kering n minyak panas,goreng de tu kacang. dibolak-balik biar gak gosong n tunggu sampe warnanya cokelat keemasan baru diangkat..

6. Dinginkan dan siap untuk disantap..

gaya benerrr aku ngasi tips beginian..padahal bisa masak juga gak.. huahahahahahahaha....

have a nice wiken all..

^^v

2 comments:

thanks a lot for your tips

Siiip makasih tips ny sis aq bru goreng kacang n hasil ny coklat agk gosong hikz trus aq googling bru liat tips yg okeeeh